cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi
ISSN : 20857721     EISSN : 26220733     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus berkaitan dengan ilmu manajemen bisnis dan akuntansi keuangan terutama yang terkait dengan praktek bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2020): April 2020" : 16 Documents clear
EFEKTIFITAS PROGRAM SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN DI INDUSTRI FARMASI Agung Wibowo, Tri Bekti
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111125

Abstract

Saat ini, generasi milenial mulai menduduki persentasi tertinggi dalam angkatan kerja di berbagai industri. Dari berbagai literatur. gaya servant leadership cocok untuk diterapkan pada organisasi yang berisi generasi millennial. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan dari para manager peserta program servant leadership training. Ada 6 manager (disebut dengen kode A, B, C, D, E dan F) yang diteliti dalam studi ini. Hasil kuesioner dianalisa menggunakan uji validity, uji reliability dan paired t-test. Hal ini untuk menguji signifikansi pengaruh program servant leadership training. Kemudian dilanjutkan menggunakan kalkulasi satisfaction index (SI) dengan weighted scoring pada 3 dimensi (listening, persuasion, foresight). Hal ini dikarenakan program training yang dilakukan berfokus pada listening, persuasion dan foresight. Hasil SI kemudian dibandingkan antara sebelum dan sesudah training. Hasil penelitian secara umum menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah program training, dengan kata lain: secara umum terdapat dampak efektifitas program training yang dijalankan terhadap kepuasan karyawan di industri farmasi.
NIAT PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA Muthahhari, Muhammad; Kurnianto Tjahjono, Heru; Kurnia Puji RDA, Meika
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111128

Abstract

The aim of this study is to find out behavior institutions in using information and communication technology among Micro Small Medium Enterprise (MSME) in Yogyakarta. Based on unified theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model. This study examine whether performance expectancy, effort expectancy, and social influence are the importance antecedent to explain intentions in using ICT (Information and communication technology) among MSME. This study also examine the effect of propensity to act as the moderator in model. There are 164 MSME owners in Yogyakarta as a sample of this study which used purposive technique  and analyzed by SEM. The result of this study showed that the performance expectancy and effort expectancy are supported to explain intention use ICT in MSME. Therefor, social influence does not has significant to predict intentios use ICT. The other findings showed that propensity to act has moderation effect on the relation between performance expectancy, effort expectancy, and social influence and behavior intentions.
PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA Dihan, Fereshti Nurdiana; Hidayat, Faisal
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111126

Abstract

This research is related to how the effect of reward and performance on employee performance with work discipline as an intervening variable at outlets of Waroeng Special Sambal in Yogyakarta. The purpose of this research is to know the effect of reward to work discipline, the effect of punishment to work discipline, the effect of work discipline to employee performance, the effect of reward to employee performance, the effect of punishment to employee performance, the effect of reward to employee performance with work discipline as an intervening variable, and the effect of punishment to employee performance with work discipline as an intervening variable at outlets of Waroeng Special Sambal in Yogyakarta. Respondents of this research were 117 outlet employees of Waroeng Special Sambal Yogyakarta. The data collecting method used is using a questionnaire then analyzed by regression analysis and path analysis. The results of this research show that reward has a positive and significant effect on work discipline and employee performance, then punishment also has a positive and significant effect to work discipline and employee performance. Besides, there is the indirect effect of reward on employee performance through work discipline, and also the indirect effect of punishment on employee performance through work discipline.
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI KERJA PADA PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI MELALUI PENDEKATAN TEORI KEBUTUHAN MASLOW Handayani, Sri; Haryono, Siswoyo; Fauziah, Fauziah
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya peningkatan motivasi kerja yang dilakukan dan karakteristik dimensi kebutuhan Maslow  diimplementasikan pada perusahaan jasa kontruksi anggota GAPANSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia) Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian deskriptif dengan kuesioner sebagai sumber data. Populasi adalah seluruh karyawan Perusahaan Jasa Kontruksi Anggota GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia) Kabupaten Kebumen berjumlah 167 karyawan. Sampel penelitian sebanyak 44 karyawan, menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik sampling yang diberi batasan sebagai penarikan sampel dari populasi sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengujian data menggunakan bantuan software komputer berupa SPSS meliputi uji validitas dengan korelasi bivariate antara masing - masing indikator dengan total skor konstruk pada kuesioner dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach dengan syarat minimum koefisien korelasi 0,6. Berdasarkan uji validitas seluruh variabel memiliki p value a 0,05 sehingga dinyatakan valid dan dapat diproses lebih lanjut. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha cronbach’s kebutuhan fisologis 0.842, rasa aman 0.861, Sosial 0.730, penghargaan 0.871 dan aktualisasi diri 0.905. Karena nilai alpha cronbach’s yang didapat masing-masing 0.6. Hal ini membuktikan tiap variabel memiliki reliabilitas yang tinggi atau memiliki konsistensi yang baik sebagai alat ukur. Berkaitan dengan hasil Analisis deskripsi responden menunjukan bahwa motivasi kerja karyawan secara prioritas utama pada semua kategori menunjukan pada kebutuhan sosial sedangkan secara selisih mean nilai tertinggi diperoleh pada kebutuhan penghargaan.
Analysis of Factors That Cause Stress in Dentists: Literature Review Azhar, Syafrudin Aulia; Sulistyo, Heru
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111130

Abstract

Tenaga kesehatan merupakan suatu pekerjaan dimana  seseorang harus mengabdikan diri dalam bidang kesehatan, termasuk profesi dokter gigi. Standar Kompetensi Dokter Gigi menjelaskan bahwa seorang dokter gigi dalam menjalankan tugasnya dituntut untuk bersikap profesional. Dokter gigi diakui sebagai profesi yang penuh tekanan serta merekapun menganggap profesi mereka lebih stres daripada tenaga kesehatan lainnya. Stres dikaitkan dengan penurunan kinerja, dalam profesi terkait kesehatan tentunya akan mempengaruhi pelayanan kesehatan terhadap pasien. Artikel ini bertujuan untuk mengulas faktor-faktor apa yang menjadi pemicu stres kerja pada dokter gigi, sehingga pelayanan terhadap pasien memiliki kualitas dan mutu yang baik. Berdasarkan studi literature didapatkan  hasil  bahwa factor yang paling sering membuat dokter gigi stress yaitu lingkungan kerja dan konflik dengan rekan kerja, serta faktor faktor lain yang juga berpengaruh yaitu tuntutan kerja,  keadaan organisasi,  finansial, dan dukungan sosial.  Sangat penting bagi dokter gigi untuk bisa mengidentifikasi level stress untuk bisa memberikan pelayanan yang baik dan memberikan performa maksimum dalam berkerja.
FAKTOR YANG MEPENGARUHI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) BADAN USAHA MILIK DESA Setiawan, Muhammad Hengki; Prayekti, Prayekti; Kurniawan, I. Soni
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111127

Abstract

The writer wants to know the factors that influence OCB in BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo Village Sewon District Bantul Regency. The analytical method used is the classical assumption test, t test and sobel test. Based on the results of this study note that, individual characteristics and affective commitment have a significant positive effect on intrinsic motivation, intrinsic motivation has a significant positive effect on organizational citizenship behavior, individual characteristics have a significant positive effect on organizational citizenship behavior, affective commitment has no significant effect on organizational citizenship behavior and individual characteristics, affective commitment has a significant positive effect on organizational citizenship behavior with intrinsic motivation variables as intervening variables. It is hoped that this research can be used to measure individual character, commitment and motivation towards organizational citizenship behavior.
ANALISIS KEMANDIRIAN USAHA MAHASISWA MELALUI INOVASI PRODUK, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MINAT BERWIRAUSAHA Sukirman, Sukirman; Afifi, Zaenal; Zazuli, Ahmad
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111132

Abstract

Calon pengusaha merupakan bagian penting dalam mengembangkan kemandirian usaha bagi mahasiswa. Inovasi produk usaha mahasiswa merupakan kekuatan utama dalam membentuk kemampuan mengembangkan minat berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kemandirian usaha mahasiswa melalui minat berwirausaha mahasiswa ketrampilan wajib kewirausahaan Universitas Muria Kudus. Jumlah sampel dalam penelitian ini 115 mahasiswa dengan menggunakan teorinya Ferdinant dan teknik probability sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi produk dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kemandirian usaha, serta minat berwirausaha mampu menjadi mediasi inovasi produk dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kemandirian usaha mahasiswa.  
THE RELATIONSHIP OF JOB SATISFACTION AND INTERNAL LOCUS OF CONTROL WITH TURNOVER INTENTION ON NURSES AT CHARLIE HOSPITAL, KENDAL Pamungkas, Gufa Bagus; Sulistyo, Heru
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111131

Abstract

Tingkat  turnover perawat di rumah sakit selalu menduduki peringkat pertama dalam beberapa dekade terakhir, studi terdahulu menganggap kepuasan kerja dan locus of control internal dapat menurunkan angka turnover intention. Kepuasan kerja merupakan kondisi psikologis pekerja terhadap suatu pekerjaan baik berupa perasaan  senang maupun tidak senang, sedangkan locus of control internal yaitu kepercayaan seseorang kepada dirinya sendiri sebagai pengendali nasibnya, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji hubungan kepuasan kerja dan locus of control internal terhadap turnover intention pada perawat di Rumah Sakit Charlie Hospital, Kendal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantiatif, serta pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian merupakan perawat Rumah Sakit Charlie Hospital yang berjumlah 35 perawat. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi. Hasil dari analisis  deskriptif diperoleh data bahwa tingkat kepuasan kerja perawat tergolong puas, dan cenderung memiliki locus of control internal serta tingkat turnover intention  perawat tergolong tinggi dan dari hasil analisis regresi didapatkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.822 untuk kepuasan kerja, serta 0.765 untuk locus of control internal yang berarti bahwa tidak terdapat hubungan antara kepuasan kerja  dan locus of control internal terhadap turnover intention pada perawat di Rumah Sakit Charlie Hospital.
EFEKTIFITAS PROGRAM SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN DI INDUSTRI FARMASI Tri Bekti Agung Wibowo
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111125

Abstract

Saat ini, generasi milenial mulai menduduki persentasi tertinggi dalam angkatan kerja di berbagai industri. Dari berbagai literatur. gaya servant leadership cocok untuk diterapkan pada organisasi yang berisi generasi millennial. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan dari para manager peserta program servant leadership training. Ada 6 manager (disebut dengen kode A, B, C, D, E dan F) yang diteliti dalam studi ini. Hasil kuesioner dianalisa menggunakan uji validity, uji reliability dan paired t-test. Hal ini untuk menguji signifikansi pengaruh program servant leadership training. Kemudian dilanjutkan menggunakan kalkulasi satisfaction index (SI) dengan weighted scoring pada 3 dimensi (listening, persuasion, foresight). Hal ini dikarenakan program training yang dilakukan berfokus pada listening, persuasion dan foresight. Hasil SI kemudian dibandingkan antara sebelum dan sesudah training. Hasil penelitian secara umum menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah program training, dengan kata lain: secara umum terdapat dampak efektifitas program training yang dijalankan terhadap kepuasan karyawan di industri farmasi.
Analysis of Factors That Cause Stress in Dentists: Literature Review Azhar, Syafrudin Aulia; Sulistyo, Heru
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 11, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.111130

Abstract

Tenaga kesehatan merupakan suatu pekerjaan dimana  seseorang harus mengabdikan diri dalam bidang kesehatan, termasuk profesi dokter gigi. Standar Kompetensi Dokter Gigi menjelaskan bahwa seorang dokter gigi dalam menjalankan tugasnya dituntut untuk bersikap profesional. Dokter gigi diakui sebagai profesi yang penuh tekanan serta merekapun menganggap profesi mereka lebih stres daripada tenaga kesehatan lainnya. Stres dikaitkan dengan penurunan kinerja, dalam profesi terkait kesehatan tentunya akan mempengaruhi pelayanan kesehatan terhadap pasien. Artikel ini bertujuan untuk mengulas faktor-faktor apa yang menjadi pemicu stres kerja pada dokter gigi, sehingga pelayanan terhadap pasien memiliki kualitas dan mutu yang baik. Berdasarkan studi literature didapatkan  hasil  bahwa factor yang paling sering membuat dokter gigi stress yaitu lingkungan kerja dan konflik dengan rekan kerja, serta faktor faktor lain yang juga berpengaruh yaitu tuntutan kerja,  keadaan organisasi,  finansial, dan dukungan sosial.  Sangat penting bagi dokter gigi untuk bisa mengidentifikasi level stress untuk bisa memberikan pelayanan yang baik dan memberikan performa maksimum dalam berkerja.

Page 1 of 2 | Total Record : 16